Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Sapu Songket ; Tradisional nan Aestethic

Sapu Songket ; Tradisional nan Aestethic

Desa Cihanjawar, Purwakarta, Jawa Barat - Cihanjawar yang terletak di kaki Gunung Burangrang menjadikannya kaya akan tanaman glagah atau rerumputan yang banyak tumbuh di daerah pegunungan. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Pak Acep (67 tahun) dengan keterampilan yang dimiliki sehingga dapat disulap menjadi sapu songket yang indah dan berguna. Walaupun hanya memerlukan bahan yang sedikit dan sederhana, namun kesulitan produksi secara manual yang harus dilalui cukup tinggi. Harus memiliki keahlian dan ketelitian dalam membuat sebuah sapu songket.

Rumput Glagah atau Songket yang  tumbuh bertebaran di sekitr rumah Pak Acep dipetik dan dijemur hingga kering yang dapat memakan waktu setengah hari hingga 2 hari tergantung kondisi cuaca. Jika sudah kering ditandai dengan perubahan warna menjadi coklat kekuning-kuningan, sekitar segenggam penuh disiapkan sesuai ukuran sapu yang akan dibuat kemudian disisir sampai berbentuk helaian tipis. Batang rotan yang akan dijadikan gagang sapu dipotong sesuai ukuran sapu dan dihaluskan sampai seluruh permukaannya rata. Kemudian, rotan dianyam dan dipasang pada batang menjadikannya sebagai mahkota sapu dan songket disatukan sambil dipukul-pukul dengan alat bantu semacam palu dan obeng. Selanjutnya, dianyam dengan rotan dan dirapikan dengan meratakan panjang gelagah. Jangan lupa untuk melubangi utung paling atas gagang sapu untuk diberi tali penggantung sehingga mudah dalam penyimpanannya saat dipakai nanti dan sapu songket siap dipasarkan.

Usia senja tak menyurutkan semangat Pak Acep dengan keahliannya beliau mampu menghasilkan sebanyak tiga sapu songket dalam sehari yang dijual dengan harga Rp50.000,00 satuannya. Sejauh ini hanya terdapat 3 pengrajin sapu songket di Desa Cihanjawar. Sapu Songket ini memiliki nilai ekonomis yang sangat baik dengan fungsi dan kualitas ramah lingkungan yang tidak perlu diragukan, juga memiliki nilai estetika dari bentuknya yang indah menyerupai kipas pada zaman kerajaan terdahulu.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler